maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Terbaru dan Persyaratannya

Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Terbaru dan Persyaratannya

Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Terbaru dan Persyaratannya

Jakarta

Saat ini sudah banyak yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Namun bagi detikers tanpa BPJS Kesehatan bisa mendaftar dengan mudah dan cepat melalui online maupun offline.

Sebagai informasi, BPJS Kesehatan merupakan perwujudan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Kehadiran BPJS Kesehatan semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses seluruh fasilitas dan layanan kesehatan yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia

Lantas, bagaimana cara daftar BPJS mandiri secara online dan offline? Jika demikian, apa saja syarat yang diperlukan? Simak penjelasan lengkapnya di artikel selanjutnya.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Online

Menurut situs resminya, pendaftaran BPJS Kesehatan mandiri bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Mobile JKN. Jangan khawatir, aplikasi ini bisa diunduh di Google Play atau App Store secara gratis.

Agar tidak bingung, simak cara daftar BPJS Kesehatan mandiri online di bawah ini:

Download aplikasi Mobile JKN ke smartphone Anda. Jika sudah, buka aplikasinya lalu klik daftar dan pilih “Pendaftaran Peserta Baru”. Baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan. Setelah selesai, pilih kolom “Saya setuju” dan klik “berikutnya”. Masukkan NIK atau E-KTP Anda dan kode Captcha pada tempat yang tersedia. Jika sudah, silahkan klik “berikutnya”. Kemudian layar smartphone akan menampilkan daftar data keluarga dan calon peserta BPJS Kesehatan, lalu klik “next”. Masukkan data diri Anda sesuai E-KTP lalu klik “selanjutnya” Pilih fasilitas kesehatan (faskes) dan fasilitas kesehatan gigi yang mudah Anda akses. Setelah itu, masukkan alamat email yang aktif lalu klik “Simpan”. Nanti sistem JKN akan mengirimkan nomor verifikasi melalui email. Nomor verifikasi yang dikirimkan dapat disalin ke Mobile JKN dan kemudian data peserta yang terdaftar akan ditampilkan. Selain nomor verifikasi, peserta juga akan mendapatkan nomor virtual account yang digunakan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Selesai, kini detikers bisa mencetak kartu BPJS Kesehatan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Offline

Tidak hanya online, pendaftaran BPJS Mandiri secara offline juga bisa dilakukan dengan mendatangi langsung kantor BPJS Kesehatan terdekat. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota Anda. Siapkan persyaratan yang ditentukan untuk memenuhi Formulir Daftar Pengisian Peserta (FDIP) yaitu fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP, dan 1 foto terbaru ukuran 3 X 4 Isi formulir pendaftaran yang disediakan oleh petugas dengan lengkap dan benar. formulir tersebut, Anda akan diberikan virtual account BPJS yang digunakan untuk pembayaran atau transfer dana klaim sesuai kebutuhan. Membayar iuran ke bank yang ditunjuk oleh BPJS Kalusugan. Kemudian, serahkan bukti transfer ke kantor BPJS Kesehatan, lalu tunggu beberapa saat hingga kartu BPJS Kesehatan dicetak. Selesai. Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mengecek nomor kartu BPJS Anda di website resmi BPJS Kesehatan untuk memastikan apakah Anda terdaftar di BPJS atau tidak.

Persyaratan Pendaftaran BPJS Kesehatan Mandiri

Perlu diketahui, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi untuk mendaftar BPJS Kesehatan Mandiri. Apa syaratnya? Lihat di bawah ini:

Kartu Keluarga (KK) Kartu Tanda Penduduk (KTP) NPWP Buku rekening Pas foto ukuran 3×4 KITAS atau KITAP (khusus WNA) Nomor telepon aktif Alamat email aktif

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai cara daftar BPJS Kesehatan mandiri terbaru beserta persyaratannya. Semoga artikel ini membantu detikers yang belum memiliki BPJS Kesehatan dan ingin mendaftar.

Simak Video “Komentar Kemenkes Soal Sentimen Kiky Saputri Soal Fasilitas Kesehatan Indonesia”
[Gambas:Video 20detik]

(ilf/fds)