maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
IKN Akan Sediakan Kereta Api Berdekatan Dengan Jalan Tol

IKN Akan Sediakan Kereta Api Berdekatan Dengan Jalan Tol

IKN Akan Sediakan Kereta Api Berdekatan Dengan Jalan Tol


Jakarta

Pemerintah saat ini tengah menggalakkan pembangunan infrastruktur pendukung di Ibu Kota NegaraIKN) Nusantara, di Kalimantan Timur. Salah satunya adalah rencana pengalokasian kereta api di kawasan yang akan dibangun jalur kereta api di samping jalan tol.

Informasi tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Nantinya, jalur kereta ini akan menghubungkan Balikpapan dengan IKN Nusantara.

Budi Karya menjelaskan jalur kereta api ini tidak akan dibangun dari bandara, melainkan dari pusat kota Balikpapan menuju IKN Nusantara. Hal ini dilakukan untuk menghindari redudansi alias penumpukan infrastruktur. Jalur kereta juga akan dibangun sejajar dengan jalan tol.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

“Untuk menghindari redudansi atau penumpukan infrastruktur, kereta api tidak langsung dari bandara ke IKN, tapi masuk Balikpapan, setelah itu baru berangkat, baru jalan tol paralel,” kata Budi Karya dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden. , Sabtu (25/ 3/2023).

Rencananya kereta ini akan menggunakan kereta roda karet tanpa masinis alias Automated Guideway Transit (AGT) seperti yang digunakan pada skytrain Bandara Soekarno-Hatta. Jadi, kata Budi Karya, KA ini akan berkapasitas 50 orang per set.

“Dan usulan yang akan kita buat adalah AGT. AGT ini jenis kereta api yang menggunakan roda karet seperti yang ada di Soekarno-Hatta dan bisa berjalan dengan kapasitas 50 orang. Jadi tidak perlu kereta set. 150 orang. Harapannya akan menghasilkan headway (selang) waktu antar kereta) yang rapat,” jelasnya.

Bersambung ke halaman berikutnya.