maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
Kurma adalah buah yang biasa dikonsumsi sebagai makanan pembuka puasa di bulan suci Ramadhan. Tapi pastikan cek ciri kurma tidak layak konsumsi.

Jangan Asal Pilih Kurma, Ini 5 Ciri Kurma Tidak Layak Konsumsi

Kurma adalah buah yang biasa dikonsumsi sebagai makanan pembuka puasa di bulan suci Ramadhan. Tapi pastikan cek ciri kurma tidak layak konsumsi.

Jakarta, CNNIndonesia

tanggal merupakan buah yang biasa disantap sebagai hidangan pembuka saat berpuasa di bulan suci Ramadhan. Namun pastikan untuk mengecek ciri-ciri kurma yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Meski memiliki banyak manfaat dan rasa yang manis, kurma juga bisa mengalami penurunan kualitas sehingga tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Lantas seperti apa ciri-cirinya?

Kurma merupakan makanan ringan sunnah Rasulullah SAW. Umat ​​muslim berduyun-duyun membeli kurma di bulan Ramadan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Namun, Anda sebaiknya tidak membeli kurma sembarangan. Perhatikan kurma yang ingin dibeli, apakah kurma tersebut segar dan berkualitas baik untuk dikonsumsi atau tidak.

Pasalnya, kurma kering kurang air dan cenderung tidak berjamur sehingga tahan lama.

Menurut Tasting Table, kurma segar bisa bertahan hingga enam bulan di lemari es dalam wadah tertutup dan tetap terbuka selama setahun penuh. Sedangkan kurma kering yang tidak didinginkan bisa bertahan hingga enam bulan. Kurma kering yang dimasukkan ke dalam freezer bisa bertahan hingga tiga tahun.

Jika Anda tidak menyimpan kurma dengan benar, jamur dan bakteri dapat tumbuh di atasnya, menyebabkan kurma rusak.

Cully’s Kitchen melansir, berikut beberapa ciri kurma yang tidak layak dikonsumsi yang harus diwaspadai.

1. Bau

Saat kencan memburuk, hal pertama yang Anda perhatikan adalah bau busuk. Buahnya memiliki aroma yang lemah dan netral, tetapi akan mengeluarkan bau busuk atau alkohol yang tidak sedap jika sudah busuk.

Foto: CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani

2. Ubah warnanya

Ciri lain kurma yang tidak layak dikonsumsi adalah perubahan warna pada buahnya. Kurma yang berubah warna menjadi hitam atau bercak pucat di permukaannya sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Terkadang, perubahan warna disertai dengan tampilan yang berjamur.

3. Terlalu Lengket

Saat kurma menjadi lengket dan berlendir, ini adalah peringatan untuk membuangnya. Jika digabungkan dengan khasiat kurma busuk lainnya, mengkonsumsinya bukanlah ide yang baik.

4. Perubahan rasa

Rasa kurma, seperti kualitasnya, akan berkurang seiring waktu. Sebaliknya, kurma yang aman tidak memiliki rasa pahit atau asam. Jika rasa telah berubah secara signifikan, buang kurma yang tersisa pada kemasannya.

5. Cetakan

Biasanya kurma yang masih bisa dimakan dibuang setelah terlihat bercak putih di permukaannya dan bercampur jamur. Jamur adalah tanda pasti tanggal yang buruk, tetapi selalu disertai dengan perubahan aroma, warna, dan tekstur.

Itulah beberapa ciri kurma yang tidak layak untuk dikonsumsi. Pastikan kurma tetap bisa dimakan dan disimpan dengan baik.

(del/chs)

[Gambas:Video CNN]