maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
Karyawan WFH Disebut Penyebab Kebangkrutan SVB, Ini Penjelasannya

Karyawan WFH Disebut Penyebab Kebangkrutan SVB, Ini Penjelasannya

Karyawan WFH Disebut Penyebab Kebangkrutan SVB, Ini Penjelasannya

Jakarta, CNBC Indonesia – Penyebab kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB) masih misterius. Salah satu faktor yang dinilai menjadi biang keladinya adalah kebijakan work from home (WFH) perusahaan.

Laporan ini menyebutkan mantan karyawan dan beberapa karyawan yang masih bekerja di SVB hingga saat ini.

“Jika lebih banyak eksekutif bekerja sama, banyak kesalahan langkah perusahaan bisa dihindari,” kata seorang karyawan, dikutip dari Financial Times, Senin (27/3/2023).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

WFH atau bekerja dari mana saja (work from anywhere/WFA) telah dianut oleh banyak raksasa teknologi di masa pandemi Covid-19. Hal ini juga dianut oleh SVB yang sangat menganjurkan karyawannya untuk bekerja dengan sistem yang fleksibel.

Karyawan dapat melakukan pekerjaannya di mana saja. Dengan catatan pekerjaan selesai dan sesuai dengan harapan perusahaan.

Budaya tersebut ditulis oleh SVB di situs resminya. Menurut situs tersebut, karyawan WFH diyakini tetap produktif meski tidak langsung bekerja di kantor.

“Era WFH telah mengajarkan kami satu hal, bahwa kami dapat mengandalkan karyawan kami untuk tetap produktif di mana pun mereka bekerja,” kata situs tersebut.

Sistem kerja WFH tetap berjalan meski pandemi Covid-19 sudah mulai mengendur. Namun, WFH yang berkepanjangan, menurut karyawan, membuat koordinasi mereka kacau.

Fakta ini juga tertuang dalam laporan tahunan 2022 perseroan. Mereka menekankan bahwa WFH mencegah banyak masalah teknis IT.

Bahkan tingkat produktivitas yang disebutkan tadi masih bisa diandalkan ketika WFH juga dikatakan menjadi masalah. Dikatakan bahwa tingkat produktivitas mereka menurun karena karyawan terganggu dan sulit untuk fokus bekerja.

Sedangkan SVB akhirnya diambil alih oleh United States Deposit Insurance Agency (FDIC). Reuter melaporkan bahwa karyawan dapat melanjutkan WFH kecuali mereka yang memiliki peran koordinasi penting yang bersifat penting.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Berikutnya

Survey: Karyawan Pilih WFO Asalkan Tidak Bekerja Setiap Hari

(npb)