maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
Italia memblok ChatGPT karena masalah data pribadi. OpenAI selaku pencipta platform tersebut pun tak tinggal diam.

OpenAI Tak Tinggal Diam ChatGPT Diblokir di Italia

Italia memblok ChatGPT karena masalah data pribadi. OpenAI selaku pencipta platform tersebut pun tak tinggal diam.

Jakarta, CNNIndonesia

Pengembang chatbots dengan kecerdasan buatan (AI) ChatGPT, OpenAI, tak tinggal diam setelah platformnya diblokir di Italia. OpenAI akan mengirimkan beberapa dokumen yang diminta oleh Otoritas Data Italia (Garante) untuk menghapus blokir tersebut.

OpenAI menjadikan ChatGPT offline di Italia setelah Garante memblokirnya untuk sementara minggu lalu dan memulai penyelidikan atas dugaan pelanggaran aturan privasi platform tersebut.

Garante menuduh OpenAI gagal memeriksa usia pengguna ChatGPT dan “tidak memiliki dasar hukum yang membenarkan pengumpulan dan penyimpanan data pribadi secara besar-besaran.”

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Pada Kamis (30/3), OpenAI menyatakan tidak berniat mengerem pengembangan AI. Namun, mereka menekankan pentingnya menghormati aturan yang ditujukan untuk melindungi data pribadi warga negara Italia dan Eropa.

Dalam video conference Rabu (5/4) yang dihadiri CEO Sam Altman, OpenAI berjanji akan lebih transparan dalam menangani data pengguna dan verifikasi usia pengguna.

Perusahaan mengatakan akan mengirimkan dokumen ke Garante tentang langkah-langkah untuk menanggapi permintaannya pada Kamis (6/4).

Otoritas data mengatakan akan meninjau proposal yang dibuat oleh OpenAI.

Sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kemungkinan akan memakan waktu beberapa hari untuk meninjau isi surat yang dikirimkan oleh OpenAI.

OpenAI, yang berbasis di San Francisco, tidak menanggapi permintaan komentar atas pernyataan agensi tersebut.

Larangan Italia telah memicu regulator privasi Eropa lainnya untuk mempelajari apakah tindakan yang lebih ketat diperlukan untuk chatbots dan apakah akan mengoordinasikan tindakan tersebut.

Di Italia, pelarangan perusahaan AI bukanlah yang pertama kali terjadi. Pada bulan Februari, Garante melarang perusahaan chatbot AI, Replica, untuk menggunakan data pribadi pengguna Italia, dengan alasan risiko terhadap anak di bawah umur dan rentan secara emosional.

Privasi adalah masalah yang mengelilingi ChatGPT. Baru-baru ini, tiga karyawan Samsung secara tidak sengaja membocorkan data penting perusahaan saat menggunakan ChatGPT untuk membantu pekerjaan mereka.

Dikutip dari Mashable, ketiga karyawan tersebut berasal dari divisi semikonduktor Samsung. Divisi ini mengizinkan para insinyurnya menggunakan ChatGPT untuk meninjau kode sumber.

Sayangnya, tiga karyawan menggunakan ChatGPT secara sembarangan. Mereka merilis, antara lain, kode sumber rahasia di ruang obrolan ChatGPT untuk menguji kesalahan.

(lom/lth)

[Gambas:Video CNN]